PPDB T.A. 2020/2021 SMAN 1 Percut Sei Tuan

PPDB T.A. 2020/2021 SMAN 1 Percut Sei Tuan

Read Time4 Minute, 50 Second

I.

JADWAL PENDAFTARAN BESERTA KUOTA

A.

TAHAP I

Meliputi Jalur :

  • Prestasi Non Akademik (10%)
  • Afirmasi (15%)
  • Perpindahan Orang Tua/Wali dan/atau Anak Guru (5%)

Pendaftaran

Pengumuman

Pendaftaran Ulang

: 3-8 Juni 2020

: 10 Juni 2020

: 11-16 Juni 2020

B.

TAHAP II

Meliputi Jalur :

Zonasi

Pendafataran

Pengumuman

Pendaftaran Ulang

: 19-27 Juni 2020

: 29 Juni 2020

: 30 Juni – 7 Juli 2020

Daya tampung sebanyak 396 siswa (11 rombel.

Pendaftaran dilakukan secara daring (online) dan mandiri menggunakan aplikasi PPDB yang dapat diunduh (download) di Playstore melalui gawai (gadget) / telepon pintar (smartphone) atau kunjungi situs web ppdb.disdik.sumutprov.go.id

II.

JALUR PPDB

1.

Jalur Prestasi Non Akademi

a).

Jalur prestasi non akademik hasil perlombaan dan/atau penghargaan dalam bentuk sertifikat/penghargaan sebagai Juara 1, 2, dan 3 pada tingkat internasional, tingkat nasional,tingkat  provinsi, dan/atau tingkat kabupaten/kota.

b).

Bukti atas prestasi sebagaimana dimaksud di atas, diterbitkan  paling singkat 6 (enam) bulan dan paling lama 3 (tiga) tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB.

2.

Jalur Afirmasi

a).

Jalur afirmasi diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dasi keluarga ekonomi tidak mampu.

b).

Peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dibuktikan dengan bukti keikutsertaan peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Daerah.

c).

Peserta didik yang masuk melalui jalur afirmasi merupakan peserta didik yang berdomisili di dalam dan di luar wilayah zonasi sekolah yang bersangkutan.

d).

Bukti keikut sertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah wajib dilengkapi dengan surat pernyataan dari orang tua/wali peserta didik yang menyatakan bersedia diproses secara hukum apabila  terbukti memalsukan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah.

e).

Dalam hal terdapat gangguan dugaan pemalsuan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah, sekolah bersama pemerintah daerah wajib melakukan verifikasi data dan lapangan serta menindaklanjuti hasil verifikasi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

3.

Jalur Perpindahan Orang Tua/Wali dan/atau Anak Guru

a).

Perpindahan tugas orang tua/wali dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi , lembaga, kantor, atau perusahaan  yang mempekerjakan diterbitkan paling singkat 6 (enam) bulan dan paling lama 2 (dua) tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB.

b).

Kuota jalur perpindahan tugas orang tua/wali dan/atau anak guru maksimal  5%.

4.

Jalur Zonasi

a).

Jalur zonasi diperuntukkan bagi peserta didik yang berdomisili di dalm wilayah zonasi yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara antara 0 sampai dengan 20 kilometer.

b).

Jalur zonasi dimaksud termasuk kuota bagi anak penyandang disabilitas.

c).

Domisili calon peserta didik berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB.

d).

Kartu keluarga dapat diganti dengan surat keterangan domisili dari rukun tetangga atau rukun warga yang dilegalisir oleh Lurah/Kepala Desa atau pejabat setempat lain yang berwenang menerangkan bahwa peserta didik yang bersangkutan  telah berdomisili paling singkat 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya surat keterangan domisili.

e).

Sekolah memprioritaskan peserta didik yang mempunyai kartu keluarga atau surat keterangan domisili yang lebih dekat dengan sekolah yang dituju.

f).

Bagi kecamatan yang tidak memiliki SMA Negeri/sederajat maka diberikan kewenangan kepada cabang dinas menyampaikan rekomendasi untuk menetapkan jalur zonasi kepada kecamatan terdekat yang memiliki SMA Negeri dengan memperhatikan sarana dan prasaranan yang mendukung.

g).

Bagi daerah kabupaten yang memiliki sekolah yang berdekatan dengan wilayah kabupaten terdekat maka dilakukan kesepakatan tertulis antara cabangdinas terkait. Bagi daerah provinsi yang memiliki sekolah berdekatan dengan provinsi terdekat maka diatur dalam kesepakatan tertulis berbatasan dengan provinsi terkait.

h).

Calon peserta didik hanya dapat memilih 1 (satu) SMA Negeri dalam 1 (satu) wilayah zonasi.

i).

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara wajib memastikan semua wilayah administrasinya masuk dalam penetapan wilayah zonasi.

j).

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara wajib memastikan bahwa semua Sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam proses PPDB telah menerima peserta didik dalam wilayah zonasi yang telah ditetapkan.

k).

Bagi sekolah yang berada di daerah perbatasan provinsi atau kabupaten/kota, penetapan wilayah zonasi pada setiap  jenjang dapat dilakukan berdasarkan kesepakatan secara tertulis antara Pemerintah Daerah.

l).

Penetapan wilayah zonasi wajib dilaporkan kepada Menteri melalui lembaga penjaminan mutu pendidikan setempat.

III.

ALUR PENDAFTARAN

TANGGALKEGIATANKETERANGAN
3 – 8 Juni 2020Pendaftaran Peserta Jalur Prestasi Non Akademik, Jalur Perpindahan Orang Tua/Wali dan/atau Anak Guru, dan Jalur Afirmasi sesuai dengan Kabupaten/Kota wilayah kerja Cabdis Pendidikan setempat.Calon Peserta Didik
10 Juni 2020Pengumuman Hasil Seleksi.Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara
11 – 16 Juni 2020Verifikasi Data dan Pendaftaran Ulang bagi Peserta Didik yang lulus seleksi.Panitia PPDB SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan
19 – 27 Juni 2020Pendaftaran Peserta Khusus Jalur Zonasi, termasuk siswa tidak lulus Jalur Prestasi Akademik dan Non Akademik, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali dan/atau Anak Guru, serta Jalur Afirmasi.Calon Peserta Didik
29 Juni 2020Pengumuman Hasil Seleksi.Panitia PPDB Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara
30 Juni – 7 Juli 2020Verifikasi Data dan Pendaftaran Ulang bagi Peserta Didik yang lulus seleksi Jalur Zonasi.Panitia PPDB SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan

IV.

PERSYARATAN PPDB

  • Lulus SMP/MTs/Sederajat (dibuktikan dengan Ijazah/SKHU sementara.
  • Berusia maksimal 21 tahun pada tanggal 1 Juli 2020 (dibuktikan dengan akte).
  • Kartu Keluarga dan KTP (telah berdomisili minimal 1 tahun).
  • Kartu Program Penanggulangan Kemiskinan bagi Jalur Afirmasi.
  • Surat Tugas Perpindahan Orang Tua (bagi jalur perpindahan orang tua/wali dan anak guru).
  • Surat Tanggung Jawab Mutlak dari orang tua/wali.

V.

CARA PENDAFTARAN

  • Pendaftaran dilakukan secara daring (online) dan mandiri oleh Calon Peserta Didik Baru.
  • Pendaftaran dilakukan dengan menggunakan Aplikasi PPDB Dinas Pendidikan. Aplikasi tersebut dapat diunduh (download) melalui Playstore yang terdapat di Gawai (Gadget)/Telepon Pintar (Smartphone).
  • Selanjutnya, pilih/klik Aplikasi PPDB Dinas Pendidikan yang telah diunduh.
  • Pilih daftar (peserta didik akan mendapatkan username dan password).
  • Setelah mendaftar, lakukan login. Lengkapi data calon peserta didik yang diminta.

Unduh brosur PPDB T.A. 2020/2021 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Pengumuman